Oleh: Indonesian Children | Desember 10, 2009

ICW Lapor KPK Soal Penggelembungan Biaya Haji

ICW Lapor KPK Soal Penggelembungan Biaya Haji

 

Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan dugaan penggelembungan biaya haji tahun 2005 sampai 2007 ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Data terbaru yang ditemukan ICW adalah ‘mark up’ (penggelembungan) biaya haji tahun 2005, 2006, dan 2007, kata Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW Ade Irawan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/6).

Dalam laporan tersebut diduga telah terjadi penggelembungan biaya haji sebesar Rp332,56 miliar. Angka itu didapat dari telaah lanjutan atas laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap biaya haji dari komponen biaya penerbangan, konsumsi, biaya tinggal, general service, dan angkutan darat.

Penggelembungan itu, menurut Ade, salah satunya bisa dilihat dari kemahalan komponen biaya penerbangan. Sejak penyelenggaran haji 2003, diberlakukan mekanisme free seat atau diskon dalam ongkos penerbangan.

Berdasar data BPK, Departemen Agama hanya menerapkan diskon itu sampai dengan tahun haji 2005. Dengan demikian, tarif yang berlaku untuk tahun 2006 dan 2007 diduga tidak dipotong diskon, sehingga terjadi kemahalan yang mencapai Rp106,57 miliar.

Selain itu, menurut Ade, BPK juga menemukan dugaan kemahalan biaya tinggal jemaah haji di Arab Saudi akibat penetapan biaya tinggal sebesar 1500 SAR (US$400). Tarif itu mengakibatkan kemahalan biaya tinggal sebesar Rp30,08 miliar.

Kemudian, Ade juga menyebut telah terjadi kemahalan biaya konsumsi Arafah-Mina. Biaya konsumsi Arafah-Mina adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi jamaah reguler selama wukuf. Menurut ICW, Departemen Agama menetapkan biaya konsumsi sebesar 300 SAR per jamaah, lebih mahal dari kontrak sebesar 200 SAR, sesuai dengan laporan BPK. Hal itu mengakibatkan kemahalan biaya konsumsi sebesar Rp122,08 miliar. Dalam laporannya, ICW juga menyertakan penggelembungan biaya haji dari komponen biaya ‘general service’ (Rp35,5 miliar) dan biaya angkutan darat (Rp38,31 miliar). (Ant/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online

Audi Yudhasmara

KORAN DEMOKRASI INDONESIA

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

https://korandemokrasiindonesia.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Demokrasi Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: