Oleh: Indonesian Children | Desember 10, 2009

KPK Tangkap Umar Syarifudin, Mantan Direktur Bank Jabar Banten

KPK Tangkap Mantan Direktur Bank Jabar

 

KPK menangkap mantan Direktur Bank Jabar Banten Umar Syarifudin atas kasus dugaan korupsi Bank Jabar Banten tahun 2003-2005.

Sebelumnya KPK telah menetapkan Umar sebagai tersangka atas kasus ini sejak 7 Mei 2009. Umar tiba di KPK sekitar pukul 19.45 WIB dengan tangan terborgol, Kamis (30/7).

Juru Bicara KPK Johan Budi, menyatakan penangkapan ini dilakukan setelah tersangka tidak memenuhi panggilan KPK selama dua kali. Tersangka sudah kami panggil pada tanggal 7 dan 23 Mei 2009. Tapi dia tidak datang tanpa konfirmasi, ujar Johan Budi.

KPK sebelumnya sempat melakukan pengejaran terhadap tersangka. Johan menyatakan bahwa tim penyidik KPK bahkan telah mendatangi rumah tersangka di Bandung selama dua hari terkahir. Kami mengirimkan tim ke Bandung, ujarnya.

Menurut informasi dari masyarakat, tim penyidik mendapatkan petunjuk bahwa tersangka selama ini berada di Rangkas Bitung, Banten. Ia bersembunyi di sebuah rumah milik paranormal. Ia telah bersembunyi di rumah dukun selama 10 hari, jelasnya.

KPK menjemput paksa tersangka dengan dua mobil Kijang Innova. Ia diiringi oleh istrinya ketika memasuki Gedung KPK.


Umar Syarifuddin diduga melakukan pungutan ilegal kepada 33 kantor cabang Bank Jabar pada periode tahun 2003-2005. Ia beralasan, uang ini merupakan fee (biaya) setoran modal dan fee setoran pajak yang wajib disetorkan ke kantor Pusat Bank Jabar. Tetapi ternyata pungutan tersebut dinikmati oleh tersangka dan digunakan untuk kepentingan pribadi. Akibat perbuatan ini, diduga kerugian negara mencapai Rp37 miliar.

Umar disangkakan dengan pasal melanggar ketentuan 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 KUHP. Ia juga melanggar pasal 3 ayat 1 UU Nomor 17/2003 tentang Keuangan Negara, Pasal 2 UU No 10/2008 tentang perubahan UU No 7/1992 tentang Perbankan, Pasal 12 ayat 3 atau pendirian Bank Jabar. (AO/OL-03)

Sumber: Kompas.Com

Audi Yudhasmara

KORAN DEMOKRASI INDONESIA

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

https://korandemokrasiindonesia.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Demokrasi Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Responses

  1. BUSET DEH … KORUPSI MEMANG …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: