Oleh: Indonesian Children | Desember 15, 2009

Etika Berpolitik Sudah Dilupakan

Etika Berpolitik Sudah Dilupakan

Maret 21st, 2009 by Redaksi

Yogyakarta ( Berita ) : Etika dalam berpolitik sudah mulai dilupakan oleh para politisi demi mengejar kepentingan pribadi atau kedudukan dalam sebuah lembaga pemerintahan.

“Saya melihat, etika politik itu sudah mulai dilupakan, seperti oleh para calon anggota legislatif (caleg),” kata salah seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Hifids Asrom, dalam semiloka Etika Politik Politisi, di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Sabtu [21/03] .

Kondisi tersebut, kata alumni Fakultas Filsafat UGM itu, diperparah dengan dengan adanya keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa penentuan calon terpilih berdasarkan suara terbanyak.

Senada dengan Asrom, Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto juga menyatakan bahwa berpolitik sudah sangat melelahkan karena tidak adanya etika. “Saya adalah praktisi di pemerintahan dengan latar belakang pengusaha yang harus bermain di tengah-tengah politisi,” katanya.

Ia mencontohkan, di dalam dunia usaha, etika adalah sebuah hal yang penting, tetapi dalam dunia politik etika tersebut sudah mulai luntur. Menurut Herry, para elite politik sudah menaganggap bahwa seluruh usaha yang mereka lakukan akan menghasilkan kekuasaan yang identik dengan fasilitas yang tidak akan pernah dinikmati oleh rakyat biasa, sehingga yang terjadi adalah perebutan kekuasaan dan bukan tanggung jawab dalam pekerjaan tersebut.

Secara teori, kata dia, penentuan caleg berdasar suara terbanyak adalah hal yang ideal, tetapi nilai demokrasi di Indonesia belum mampu menerjemahkannya.

“Bagi caleg yang penting adalah maju, baru kemudian bertanya apa masalah yang dihadapi masyarakat. Bukan mengetahui masalah terlebih dulu yang menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta, Arif Noor Hartanto, menyatakan pihaknya berusaha mewujudkan hubungan harmonis dengan pihak eksekutif sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Audi Yudhasmara
KORAN DEMOKRASI INDONESIA
Htpp://korandemokrasiindonesia.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: