Oleh: Indonesian Children | Januari 25, 2010

PARA BANKIR TAMPAKNYA MEMBENARKAN BAILOUT CENTURY. Pansus Century Harusnya Minta Pendapat Bankir

PARA BANKIR TAMPAKNYA MEMBENARKAN BAILOUT BANK CENTURY.
Pansus Century Harusnya Minta Pendapat Bankir

Seharusnya Pansus Hak Angket Kasus Bank Century untuk meminta pendapat dari para bankir seputar keputusan bailout Century. Karena bankir lebih merasakan dampak krisis ekonomi global tahun 2008 kemarin. Hal ini untuk menyikapi kontroversi Bank Century berdampak sistemik yang banyak disangsikan. Seharusnya Pansus menanyakan pendapat praktisi atau para bankir pada saat penyelamatan tersebut dilakukan, karena yang merasakan dampaknya para bankir. Pansus tidak hanya memanggil ahli-ahli ekonomi sebagai ahli dalam penyelidikan kasus bailout Bank Century.

Sampai saat ini , Pansus Century DPR sudah memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wapres Boediono, Gubernur BI Darmin Nasution, dan mantan-mantan pejabat BI untuk dimintai keterangan. Bahkan ketidaksetujuan penetapan bailout tersebut didepan Pansus didominasi oleh Kwik Kian Gie, Drajad Wibowo atau Jusuf Kalla yang bukan praktisi perbankan tetapi lebih kental warna politiknya. Tapi tidak ada satupun bankir yang dimintai keterangan.

Menurut Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono, semua bankir jika ditanyakan soal penyelamatan Century, pasti mereka menyetujui bailout yang dilakukan. “Karena ya memang kami yang merasakan langsung bagaimana mengelola bank sewaktu krisis. Apalagi waktu itu yang terjadi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) anjlok 50%, kemudian rupiah juga terdepresiasi 30% yang merupakan nilai terendah sejak krisis tahun 1998,” papar Sigit.

Selain itu, Sigit menambahkan keadaan situasi cukup rawa karena CDS (credit default swap ) yang naik terus dan diikuti oleh yield (imbal hasil) Surat Utang Negara (SUN) yang turun. “Hal-hal seperti ini tidak dirasakan langsung oleh orang-orang yang tidak berhubungan dengan operasi perbankan. Dan mungkin mereka semua tidak ada rasa khawatir,” jelas Sigit. “Jika diminta (Pansus) Perbanas siap-siap saja,” ujar Sigit.

KORAN DEMOKRASI INDONESIA
http://korananakindonesia.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: