Oleh: Indonesian Children | November 26, 2010

Agung Basrief Arief, Jaksa Agung Baru Mungkinkah Jadi Super Hero

Agung Basrief Arief, Jaksa Agung Baru Mungkinkah Jadi Super Hero

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya memutuskan untuk mengangkat mantan Wakil Ketua Jaksa Agung Basrief Arief sebagai Jaksa Agung yang baru, dan akan dilantik pada hari Jumat (26/11). Keputusan penting itu akhirnya keluar setelah sebelumnya menimbullan polemik dan kontroversi yang berkepangjangan. Harapan besar masyarakat ditimpakan pada sosok Jaksa Agung baru ini. Untuk dapat memenuhi keinginan masyarakat yang haus keadilan Jaksa Agiung baru ini harus Jadi manusia berjiwa dewa dan berkekuatan superhero. Mungkinkah Agung Basrief Arief nantinya jadi Super Hero.

Presiden menjelaskan bahwa sosok Basrief adalah pejabat yang mengemban tugas penting lainnya di Kejaksaan Agung, seperti Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen dan Wakil Jaksa Agung sampai tahun 2007. Menurut Presiden, Basrief adalah figur yang tepat menggantikan Hendarman Supandji, yang kemudian diberhentikan dan digantikan oleh Darmono. Meski Basrief sudah pensiun, namun kinerja Basrief yang potensial di Kejaksaan Agung, dan banyak kalangan yang antusias dengan terpilihnya Basrief sebagai Jaksa Agung.

Jaksa Agung Harus Super hero

Melihat rekam jejak dan prestasi jaksa agung selama ini banyak yang pesimis tentang lembaga kejaksaan tertinggi ini.
Berbagai permasalahan yang ada selama ini dapat menjadikan pertimbangan visi dan misi seorang jaksa agung baru nantinya.

Banyaknya kasus besar yang belum terselesaikan banyak terkait dengan kepentingan pejabattinggi negara, tokoh politik, pemilik modal besar dan berbagai kepentingan besar individu atau kelompok lainnya. Untuk itu perlu dibentuk persyaratan yang sesuai dengan era reformasi di tubuh kejaksaan mulai dari tingkat yang paling atas dan di bawahnya.Untuk menciptakan kejaksaan yang didambakan setiap masyarakat yang mendambalkan keadilan diperlukan seorang super hero sebagai sosok jaksa agung

Super Hero adalah karakter fiksi  yang “memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum”. Jaksa Agung Super Hero harus memiliki kemampuan atau kelebihan di atas rata-rata manusia baik moral, etika dan kepintaran. Super hero jaksa agung nantinya  memakai pakaian kebesaran yang khas dan menyolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penegak keadilan,. penolong yang lemah dan pembasmi kejahatan. Sehebat apapun tokoh tersebut bila tidak memiliki kekuatan super juga dapat disebut super hero, dan istilah pembasmi kejahatan berkostum sering dipakai untuk super hero yang tidak mempunyai kekuatan super.

Persyaratan Ideal Super Hero Jaksa Agung Baru tersebut nantinya adalah kekuatan super yang ada dalam manusia biasa. Jaksa Agung dengan kekuatan super harus memiliki integritas yang tinggi, kapabilitas, kompetensi dan akuntabilitas.

Jaksa Agung super hero diharapkan figur yang benar-benar memahami seluk-beluk kejaksaan, termasuk jika dia berasal dari luar institusi kejaksaan. Hal yterpenting lainnyua super hero harus memiliki moralitas yang tinggi dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Seperti layaknya super hero Jaksa Agung harus mempunyai nyali, keberanian dan tindakan yang cepat, tepat dan tegas terhadap siapapun juga. Jaksa Agung harus memiliki visi dan misi serta komitmen kuat untuk mereformasi institusi kejaksaan.

Agung Basrief Arief sebegai Jaksa Agung nantinya tidak boleh terlibat dalam politisasi dalam institusi kejaksaan untuk kepentingan kelompok tertentu. Basrief Arief harus mampu menjadikan kejaksaan sebagai mitra masyarakat dalam mencari keadilan dan kepastian hukum.

Jaksa Agung harus kuat seperti super hero untuk dapat memberantas mafia hukum di seluruh jajaran kejaksaan dan berani menuntaskan kasus besar di Replubik ini.

Agung Basrief Arief hjarus seperti super hero berani dan tidak takut untuk mengusut tuntas siapapun pejabat negara baik polisi, pejabat partai politik, pejabat pemerintah atau pejabat di lingkungannya sendiri

Berbagai persyaratan ideal Agung Basrief Arief sebagai seorang super hero itu harus dilakukan secara holistik dan integral. Satu point saja ditinggalkan maka harapan kepada Jaksa Agung akan semakin menipis. Misalnya. Agung Basrief Arief sebagai Jaksa agung baru nantinya seorang yang mempunyai Integritas yang tinggi, kapabilitas, kompetensi dan akuntabilitas tetapi tidak punya nyali yang berani dan tegas tiada artinya. Bila itu terjadi maka sangat layak kalau KPK harus dilembagakan terus sepanjang masa, khususnya dalam memberantas korupsi. Bila sosok super hero tersebut ada pada seorang Agung Basrief Arief maka KPK harus segera dihentikan, dan masyarakat mempunyai idoola baru bagi penegak keadilan yaitu Super Hero Jaksa Agung. Tapi, mungkinkah Agung Basrief Arief sebagai Jaksa Agung Super Hero ?

Widodo Judarwanto

Copyright 2010. Koran Demokrasi Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: